Tips Menjaga Keamanan Data di Cloud Server Storage


Dengan perkembangan teknologi Cloud, kita tidak perlu membawa berbagai perangkat penyimpanan karena data yang dibutuhkan sudah tersimpan pada cloud server storage seperti Google Drive, Dropbox sampai berbagai penyedia layanan cloud server storageberbayar dengan tingkat keamanan yang lebih terjamin. Cloud server storage sudah menjadi solusi penyimpanan yang bisa diakses kapan saja dan dari mana saja selama koneksi internet tersedia. Baca juga perkembangan Cloud Computing Indonesia.

Terdengar mudah tapi menyimpan berbagai data di cloud server storage berarti kita harus meningkatkan kewaspadaan. Terdengar sulit tapi sebenarnya hanya membutuhkan sedikit tambahan usaha saja maka data akan tersimpan dengan aman di sana. Simak beberapa tips berikut ini yang bisa dengan mudah Anda lakukan sendiri.
Selalu back up data Anda
Peraturan pertama jika berhubungan dengan pengaturan data adalah selalu back up data Anda. Secara umum, selalu menggandakan data digital adalah kebiasaan yang baik. Ketika data asli rusak atau hilang, masih ada data back up yang dapat digunakan. Terkait dengan cloud server storage, ada banyak layanan yang tersedia dan dapat digunakan, ini berarti kita bisa mem-back up data ke cloud server storage lain untuk tindakan antisipasi.

Hindari menyimpan informasi sensitif
Tidak ada yang namanya privasi jika terkait internet. Seaman apapun layanan cloud server storage yang Anda gunakan lebih baik jangan menyimpan data terkait informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor kartu identitas, alamat rumah atau data lainnya. Walaupun terpaksa harus menyimpan data-data tersebut pastikan data tersebut sudah dienkripsi sebelum diupload.

Gunakan layanan cloud yang mengenkripsi data Anda
Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan layanan cloud server storage yang menyediakan layanan enkripsi untuk data yang Anda simpan. Ini akan menambah keamanan data hingga berkali-kali lipat sebelum orang lain bisa mengaksesnya. Metode ini akan melindungi data bahkan dari penyedia layanan atau administrator sendiri.

Menggunakan tambahan enkripsi ini akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk mensinkronkan data Anda tapi dengan keamanan yang ditawarkan waktu yang terbuang terasa layak.

Pastikan password Anda cukup kuat
Pertahanan pertama dari banyaknya hacker yang mengintai adalah dengan selalu pastikan password yang anda gunakan cukup kuat. Ada banyak tips yang beredar di internet tentang membuat password yang baik dan kuat. Selain unik, pastikan Anda cukup sering mengganti password secara berkala dan juga tidak menggunakan password yang sama untuk berbagai akun online yang Anda punya.

Anda juga bisa menggunakan two-step verification untuk mengakses data di cloud server storage pilihan Anda. Metode ini menawarkan keamanan tambahan dan memastikan hanya Anda yang dapat mengakses data di cloud server storage Anda.

Hati-hati dengan kebiasaan Anda ketika online dan perkuat keamanan sistem dengan anti-virus dan anti-spy
Terkadang, keamanan data Anda bergantung pada bagaimana kebiasaan Anda ketika online. Ketika Anda menggunakan komputer atau koneksi publik pastikan untuk tidak pernah menyinpan password Anda, dan selalu pastikan kalau Anda log out setelah Anda selesai.

Satu lagi. Anda mungkin sudah menggunakan cloud server storage yang terpercaya tapi seringkali bagian terlemah yang sering disabotase adalah sistem komputer yang Anda gunakan. Tidak ada ruginya melindungi sistem komputer Anda dengan menambahkan Anti-Virus dan Anti-Spy.

sumber : Vibicloud