Format music MP3, lisensinya di hentikan


File audio digital yang sering kita kenal dengan nama ‘MP3’ akan segera menghilang dari peredaran. The Fraunhofer Institute for Integrated Circuits, sebagai pencipta format file tersebut mengumumkan akan menghentikan lisensi penggunaan format file audio, MP3.
Dilansir engadget.com, direktur Fraunhofer Institute mengatakan MP3 kini sudah tergantikan dengan tipe format file yang lebih baik yaitu AAC (Advanced Audio Coding). AAC menjadi tipe file standar yang banyak digunakan untuk mengunduh video dan musik terutama melalui ponsel.
“File ini lebih efisien dan punya fungsi yang lebih baik. Terutama siaran streaming radio dan TV, dengan file itu (AAC), bisa memberikan kualitas audio yang lebih baik dari MP3,” ujar direktur perusahaan asal Jerman tersebut.
Ironisnya, Fraunhofer sendiri sudah mengembangkan tipe file AAC yang punya kualitas lebih baik dari MP3.
 Meski format file ini akan dihentikan, Fraunhofer mengatakan perubahan ini tidak akan berpengaruh banyak pada konsumen dan pecinta musik. File MP3 lama Anda tidak akan secara tiba-tiba berhenti berfungsi. Selama gadget atau aplikasi yang Anda gunakan masih mendukung tipe file ini, maka Anda masih bisa menikmati file dengan format MP3.
Awal penelitian format file audio sendiri dimulai di Friedrich-Alexander University of Erlangen-Nuremberg sekitar akhir tahun 1980-an. Para peneliti dari kampus tersebut bekerja sama dengan Fraunhofer Institute yang kemudian melahirkan tipe file audio bernama MP3.