Kecerdasan Fisik atau Physical Intelligence

Pembaca jenius dengan multi kecerdasan,

Pada brain tips sebelumnya saya telah menerangkan apa itu Kecerdasan Musik atau Musical Intelligence. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai Kecerdasan Fisik atau Physical Intelligence.

Pembaca jenius, apakah Anda suka berolah raga? Apakah Anda menggeluti suatu olah raga tertentu? Dan apakah Anda adalah orang yang disiplin dalam menjaga kebugaran tubuh Anda? Apakah Anda merasa mudah belajar suatu jenis olah raga tertentu? Jika salah satu atau beberapa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas adalah iya, maka bisa jadi Anda punya kecerdasan fisik yang menonjol.

Dengan demikian kecerdasan fisik adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk:

  • Mengontrol gerakan anggota tubuh untuk menghasilkan gerakan tubuh yang gesit dan cekatan
  • Mampu berkomunikasi dengan bahasa tubuh Body Languagesesuai dengan apa yang ingin Anda sampaikan
  • Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh
  • Menirukan gerakan tubuh orang lain
  • Mempelajari dan menguasai secara cepat gerakan, olah raga atau tarian tertentu
  • Dan sebagainya

Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya

  • Suka bergerak aktif atau susah diam
  • Dia juga suka mengekspresikan emosinya dengan gerakan tangan atau tubuh
  • Dia lebih suka melakukan olah raga atau aktivitas fisik lainnya saat sedang stress. Orang ini juga punya kesadaran yang cukup besar untuk hidup sehat
  • Sangat menyukai acara olahraga, misalnya sepak bola, balap mobil, atau menonton channel Star Sport, ESPN, dan sebagainya
  • Uniknya lagi, orang dengan Kecerdasan Fisik yang menonjol banyak mendapatkan insight atau ide-ide brilian saat sedang melakukan kegiatan fisik, misalnya saat sedang joggingtreadmill, atau sekedar saat sedang menaiki/menuruni tangga di kantor atau rumahnya

Jika Anda punya kecerdasan fisik yang menonjol, maka karir dan pekerjaan yang cocok antara lain adalah: menjadi atlet, pelatih olah raga, dancer, aktor atau aktris, pengrajin, pematung, dan sebagainya. Tokoh-tokohnya tentu banyak sekali, khususnya olahragawan, penari, breakdancer seperti: Tiger Wood, Carl Lewis, Usain Bolt (pemegang rekor dunia lari 100 meter dan 200 meter saat buku ini ditulis), Michael Jackson dengan moonwalk dance dan keluwesan gerakan-gerakannya, Roger Federer, dan sebagainya.

Tips dan strategi untuk meningkatkan kecerdasan fisik antara lain:

  1. Tekuni suatu olah raga permainan tertentu, misalnya tenis, sepak bola, basket, dan lainnya yang memungkinkan koordinasi gerakan anggota-anggota tubuh sekaligus.
  2. Ambillah sebuah penjepit kertas atau paper clip, dan ujilah kreativitas Anda dengan membuat berbagai bentuk binatang atau huruf dengan satu penjepit kertas itu.
  3. Lakukan relaksasi tubuh secara teratur atau Anda bisa juga mengikuti kursus drama, olah raga atau bela diri.
  4. Baca buku biografi perjuangan dan kisah sukses olahragawan terkenal dan diskusikan dengan teman-teman Anda
  5. Pelajari segala hal tentang menjaga kesehatan tubuh, termasuk tekanan darah, kadar kolesterol, dan sebagainya

Nah, siapapun bisa meningkatkan kecerdasan fisiknya, bukan?

sumber: kompasiana